ORACLE OF SEASON BAB 4

 

4.1 Keluar dari Rawa

 
 

Jikais Shrine - Jailbreak
Anedamimik Shrine - A Retraced Path
Zanmik Shrine - Scoop It Out
Tears of the Kingdom - Lightning Temple - Battery - 1F - Northeast

Setelah meninggalkan Poison Moth's Lair, musim di Spool Swamp adalah Musim Gugur. Tujuan Link selanjutnya adalah Sunken City yang terletak di timur Holodrum. Namun, ada beberapa hal opsional yang dapat dilakukan di rawa dan saat Link kembali ke timur. Musimnya harus Musim Panas untuk misi opsional, jadi gunakan satu layar dari Level 3 untuk mengubahnya.

Opsional: Binatang Emas #1 - Octorok

 
 

Pada titik ini, Link dapat menemukan yang pertama dari empat Binatang Emas, yang merupakan versi musuh berwarna emas yang jauh lebih kuat yang ditemukan di dunia luar. Menyelesaikan misi sampingan ini akan menghadiahkan Link dengan salah satu Cincin Ajaib paling berguna dalam game. Dari tunggul pohon, pergilah ke kanan satu dan turun tiga layar ke bagian bawah rawa. Di Musim Panas, akan lebih banyak Bunga Goponga dan Tektit Air yang hadir, jadi berhati-hatilah. Lengkapi Benih Pegasus dan Bulu Roc, dan gunakan salah satu benih untuk meningkatkan kecepatan Link. Dengan timing yang tepat, Link dapat dengan mudah membersihkan dua lubang di selatan dan terus menuruni dua layar di sepanjang jalan. Lanjutkan ke kanan satu layar, lalu searah jarum jam mengelilingi pepohonan dan sepanjang jalan bawah ke kiri dua layar. Di sini, Octorok Emasdapat ditemukan. Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan Golden Octorok ke dalam lubang karena tidak dihitung dalam mengalahkannya, sehingga Link harus keluar dan masuk kembali ke layar ini agar dapat muncul kembali.

Opsional: Cincin Ajaib

 
 

Sepanjang jalan keluar dari Spool Swamp, Link akan menemukan layar dengan dua Orange Tektites dan Stone Spiny Beetle dari sebelumnya. Di musim panas, tanaman merambat akan tumbuh di bukit paling kanan. Gunakan Sekop untuk menggali tempat kosong di puncak bukit untuk menemukan Cincin Ajaib yang akan dinilai secara acak.

 
 

Tinggalkan Spool Swamp melalui jalan setapak ke timur laut, lalu lanjutkan ke selatan menuju Dataran Holodrum, yang otomatis musim akan berganti ke Musim Semi. Lompat dari langkan untuk mencapai tunggul pohon di bawah. Sekali lagi, pencarian opsional lainnya akan menyusul yang mengharuskan musimnya adalah Musim Panas, jadi ubahlah jika perlu sebelum melanjutkan. Setelah itu, lanjutkan sepanjang jalan, kali ini menuju ke utara dan menggunakan Bulu Roc untuk membersihkan lubang yang sebelumnya dibantu oleh Ricky Link, lalu menuju ke timur melintasi jembatan dan kanan satu layar menuju Horon Utara.

Opsional: Harta Karun Orang Tua Horon Utara

 
 

Berjalan menuruni tangga dan turun satu layar. Panjat tanaman merambat di sebelah kanan hingga ke langkan dan naik satu layar di sepanjang itu. Gunakan Benih Ember untuk membakar pohon di sebelah kanan, memperlihatkan tangga menuju Tempat Persembunyian Orang Tua. Dia akan menghadiahi Link dengan 200 Rupee!

 
 

Dari tempat Link memasuki Horon Utara, perhatikan log berlubang di bagian kanan atas layar. Melompati lubang dan naiki satu layar melewatinya menuju wilayah Natzu. Bergantung pada Animal Companion Link yang dimiliki, geografi wilayah Natzu akan berubah, sehingga memerlukan kemampuan unik dari masing-masing hewan untuk menavigasinya.

4.2 Melintasi Wilayah Natzu

Opsional: Menavigasi Natzu Prairie bersama Ricky

 
 

Geser tuas merah untuk menghubungkan jembatan di sebelah kiri, berikan jalan pintas kembali menuju Spool Swamp. Tautan tidak dapat memanggil Ricky di layar ini, jadi seberangi jembatan dan tinggalkan satu layar, lalu panggil Ricky menggunakan serulingnya dan berkendara bersamanya kembali ke kanan satu layar.

 
 

Tepat satu layar dari sini adalah sebuah gua dengan Air Mancur Peri Besar di dalamnya jika diperlukan. Naiki tangga dan naik satu layar, lalu gunakan Ricky untuk menskalakan langkan dan lanjutkan ke kanan satu layar. Pukul semak-semak dan musuh yang menghalangi dan lanjutkan ke kanan dua layar, lalu turun satu layar dan lompat turun dari langkan di sini. Lanjutkan ke bawah satu layar dan gunakan pukulan tornado Ricky untuk membersihkan semak-semak di antara lubang untuk melompati, lalu turun ke layar lainnya.

 
 

Lompat ke langkan di sebelah kanan dan naik ke satu layar. Tetap di jalur ini sampai mencapai langkan lain dan lompat ke bawah. Satu layar tersisa dari sini adalah sebuah gua dengan Deku Scrub yang akan mengisi ulang tas benih Link jika dia setuju bahwa lagunya bagus.

 
 

Di luar, lanjutkan menyusuri jalan ke utara lalu memutar ke lokasi Moblin's Keep. Moblin Agung akan memperhatikan Link dan mulai menembakkan kanon ke arahnya. Cepat mundur ke kanan satu layar menuju Kota Tenggelam. Ricky akan berkomentar bahwa “baunya seperti obat” di sini dan pergi.

Opsional: Menavigasi Sungai Natzu bersama Dimitri

 
 

Saat memasuki Sungai Natzu, berjalan ke kanan satu layar dan gunakan Seruling Dimitri untuk memanggilnya. Naik Dimitri, masuk ke dalam air, dan berenang langsung menuju lokasi air terjun besar yang keluar dari gua. Dari sini, ada beberapa tempat opsional yang dapat dijelajahi Link…

 
 

Dengan menuju ke bawah satu layar, Link dapat mencapai dasar air terjun. Dimitri dapat berenang ke atas air terjun dan masuk ke dalam gua, di mana Deku Scrub akan mengisi ulang Seed Satchel Link karena menyetujui bahwa lagunya adalah lagu yang bagus.

 
 

Di luar gua Deku Scrub, berenang kembali satu layar ke dasar air terjun, lalu turun dan tinggalkan masing-masing satu layar untuk mencapai pulau kecil. Di atas satu layar di pulau ini terdapat tangga menuju Air Mancur Peri Besar.

 
 

Tinggalkan Air Mancur Peri Besar dan pergi ke kanan dan ke atas masing-masing satu layar, kembali ke dasar air terjun, lalu lanjutkan ke atas dan ke kanan masing-masing satu layar untuk menemukan sebidang tanah di utara beberapa langkah menuju ke sana. Kembali ke kiri satu layar di sepanjang jalan ini untuk mencapai tangga menuju ke area gua pendek di mana Link harus melintasi ubin hijau yang bergerak untuk mencapai peti berisi 50 Rupee.

 
 

Sekarang, ke Kota Tenggelam. Tinggalkan gua dan kembali menyusuri sebidang tanah menuju tangga. Tunggangi Dimitri melintasi air untuk mencapai area daratan di sebelah kanan dan lanjutkan ke kanan satu layar. Link perlu mengeluarkan Gelang Kekuatan dan mengangkat Dimitri dan melemparkannya ke seberang lubang untuk membawanya ke seberang jalan. Lompat dan tunggangi Dimitri ke bawah satu layar, di mana Great Moblin akan melihat Link dan mulai menembakkan bom ke arahnya. Cukup menuju ke kanan satu layar dari sini ke Kota Sunken.

Opsional: Menavigasi Natzu Wasteland dengan Moosh

 
 

Geser tuas merah untuk menghubungkan jembatan di sebelah kiri, berikan jalan pintas kembali menuju Spool Swamp. Pergilah melintasi jembatan dan tinggalkan satu layar, lalu panggil Moosh menggunakan serulingnya dan kembali ke kanan satu layar bersamanya.

 
 

Sejak awal, Link dapat mencapai Air Mancur Peri Besar dengan naik, kanan, dan bawah masing-masing satu layar untuk mencapai tangga menuju ke sana.

 
 

Kembali ke layar dengan jembatan, menuju ke kanan satu layar dan terbang di atas lubang dengan Moosh, lalu lanjutkan ke kanan layar lainnya. Terbang melewati lubang di sini untuk mencapai jalan sempit di sebelah kanan, lalu tetap di jalan kanan dan turun masing-masing satu layar.

 
 

Kuncinya di sini adalah mencapai jalur atas di sebelah kanan menuju utara, jadi gunakan Moosh untuk terbang ke tanah kecil di antara lubang untuk memberinya kesempatan lepas landas lagi. Setelah berada di jalan setapak, naiklah ke satu layar untuk menemukan tangga menuju ke bawah tanah tempat Deku Scrub akan mengisi ulang Seed Satchel Link jika dia menyukai lagunya.

 
 

Di luar, tebang semak dan terbang melewati lubang untuk mencapai jalan sempit di sebelah kanan, lalu lanjutkan ke kanan dan naik masing-masing satu layar. Terus menuju ke kanan untuk dua layar, bersihkan kumpulan lubang terakhir, lalu turun satu ke tepi Moblin's Keep. Hindari bom, Great Moblin akan mulai menembak dan menuju ke kanan satu layar menuju Kota Tenggelam, di mana pemandangan semua air akan membuat Moosh takut.

4.3 Kota yang Tenggelam

 
 

Lengkapi Bulu Roc dan lompat melintasi aliran air yang dalam untuk mencapai area yang lebih dangkal, lalu turun satu layar. Ikuti jalur perairan dangkal ini ke kanan dua layar dan ke atas, lalu geser Gale Seed ke bawah dari pohon.

 
 

Kembali menyusuri jalan menuju pintu masuk kota, di mana Link akan menemukan Dimitri si Dodongo yang terdampar di darat. Ketiga anak yang mengelilinginya mengaku sebagai Patroli Keamanan Kota Sunken dan percaya Dimitri adalah musuh. Berjalanlah dan bicaralah dengan anak berbaju hijau di sebelah kiri, yang meminta Bom sebagai imbalan karena meninggalkan Dimitri sendirian. Anak itu akan mengambil semua Bom Link sebelum kabur bersama kru lainnya. Bicaralah dengan Dimitri, yang akan berterima kasih kepada Link dan menawarkan bantuannya.

 
 

Naik Dimitri dan naik dua layar dan satu layar kanan. Minta Dimitri berenang ke air terjun di sini dan lanjutkan ke layar lainnya. Dari sini terlihat dua air terjun yang bermuara ke utara. Berhati-hatilah agar tidak bertemu dengan tiga sirip Piranha yang sedang berenang dan naiklah ke air terjun di sebelah kiri menuju sebuah gua.

 
 

Turun dari Dimitri dan seberangi jembatan di sebelah kanan, menuju ke empat patung. Pertama, dorong patung yang ada di kanan bawah KANAN sebanyak satu kali. Kemudian, dorong patung di kiri atas ATAS dan KANAN masing-masing satu kali. Terakhir, dorong patung di kiri bawah ATAS satu kali dan KANAN dua kali. Isi Serangan Putar dan lepaskan sambil berdiri di tengah-tengah keempat patung, dengan cepat pukul masing-masing patung dan menyebabkan serangkaian tangga muncul di sebelah kanan. Melompati air ke tangga dan ambil Plakat Master dari peti, lalu turun dari langkan di bawah dan tunggangi Dimitri kembali keluar dari gua.

 
 

Sekarang, berenanglah menyusuri air terjun, lalu naik ke air terjun di sebelah kanan dan masuk ke gua berikutnya. Turunkan Dimitri ke area tanah di sebelah kanan dan bicaralah dengan Master Diver , yang akan memberikan instruksi kepada Link tentang cara menjadi muridnya. Setelah menyelesaikan tugas ini, Master Diver akan melihat Plakat Master yang dimiliki Link dan menghadiahinya dengan Zora's Flippers . Dia juga akan memberikan Link tip tentang cara mencapai Gunung Cucco melalui jalan rahasia di kota.

Opsional: Harta Karun di Gua Guru

 
 

Periksa daratan di sisi kiri gua Master Diver untuk menemukan peti berisi 50 Rupee!

 
 

Naik kembali ke Dimitri dan keluar dari gua, turun ke satu layar, lalu lanjutkan ke bawah layar lain dan turuni air terjun lainnya ke lokasi tunggul pohon. Sekarang Link memiliki Flippers, dia tidak lagi membutuhkan Dimitri untuk menyeberangi perairan dalam Kota Tenggelam, jadi dia mungkin tertinggal dari sini. Sebelum menuju ke Gunung Cucco, ada beberapa misi opsional yang harus diselesaikan…

Opsional: Lokasi Benih Gasha & Tanah Lunak #8 - Kota Tenggelam (Tingkat 1-2)

 
 

Gunakan tunggul pohon untuk mengubah musim menjadi Musim Panas dan menuju ke kanan satu layar. Panjat tanaman merambat di sebelah kiri dan masuki gua, lalu ambil Gasha Seed dari peti di bagian atas.

 
 

Kembali ke luar, panjat tanaman merambat di sebelah kanan dan berenang ke atas satu layar. Tebang semak di samping rumah untuk membuka lokasi Tanah Lunak tersembunyi yang dapat digunakan Link untuk menanam Benih Gasha yang baru diperolehnya.

Opsional: Benih Gasha lainnya di Kota Tenggelam

 
 

Berenang ke layar tengah di perbatasan selatan Kota Sunken. Di tengah jalur air yang dangkal terdapat satu ubin air dalam yang mana Link dapat menyelam ke dalamnya untuk mencapai gua di bawahnya. Segera berenang ke kiri dan lompat dari langkan menuju peti berisi Gasha Seed.

Opsional: Benih Gasha di Pohon Maku

 
 

Gunakan Gale Seed dan warp ke Desa Horon, lalu naik dan ke kanan masing-masing satu layar, lalu naik dua layar ke area Pohon Maku. Masuki Pohon Maku dan naiki tangga di ujung ruangan. Ikuti jalan untuk mencapai platform yang tinggi di batang Pohon Maku, di mana Benih Gasha bisa diperoleh.

Opsional: Sepotong Hati #5: Menghancurkan Benteng Moblin

 
 

Gunakan Gale Seed untuk kembali ke Sunken City. Pergilah searah jarum jam dan keluar kota melalui pintu masuk barat. Link harus mundur melalui jalur yang membawanya ke kota, yang sekali lagi akan berbeda tergantung pada hewan pendamping yang dimilikinya.

Padang Rumput Natzu
 
 

Jalan Ricky adalah yang paling mudah dan bisa dilakukan tanpa harus benar-benar meminta bantuannya. Dari luar pintu masuk Kota Tenggelam, cukup naik satu layar, ke kiri dua, dan turun tiga layar, lalu ke kanan satu layar terakhir untuk mencapai pintu masuk ke Moblin's Keep.

Sungai Natzu
 
 

Untuk jalur Dimitri, naik dan tinggalkan masing-masing satu layar, lalu gunakan Seruling Dimitri untuk memanggilnya. Naik Dimitri dan belok kiri satu dan turun tiga layar di sepanjang jalan di sisi kanan air terjun. Turun dari Dimitri dan berjalan ke kanan satu layar untuk mencapai benteng Moblin.

Gurun Natzu
 
 

Jalur Moosh sedikit lebih sulit karena harus terbang melewati sekumpulan lubang itu lagi. Setelah meninggalkan Sunken City, naik ke satu layar dan hubungi Moosh. Naik dan terbang melewati lubang dan pergi ke kiri dua layar dan turun satu. Bersihkan semak-semak di sebelah kanan dan turuni satu layar, lalu lakukan hal yang sama di sini dengan mengambil jalur paling kanan ke bawah layar lainnya. Turun dari Moosh dan berjalan ke kanan satu layar untuk sampai di benteng.

 
 

Berjalan melintasi jembatan dan berenang melintasi air untuk mencapai tangga menuju benteng, lalu lanjutkan naik dua layar untuk mencapai pintu masuk benteng. Di dalam, akan ada dua penjaga Sworded Red Pig Moblin , jadi bawa mereka keluar dan naiki tangga di tengah ruangan. Di sini, pertempuran dengan Great Moblin akan terjadi.

 
 

Great Moblin akan berjalan bolak-balik di sepanjang langkan, mengambil bom besar dari simpanan di belakangnya dan melemparkannya ke Link. Gunakan Gelang Kekuatan untuk mengangkat bom dan melemparkannya kembali ke Great Moblin sehingga meledak di atasnya. Semakin banyak damage yang diberikan, semakin cepat Great Moblin bergerak, mencapai kecepatan puncaknya setelah terkena 5 kali. Kunci untuk mengalahkan Great Moblin adalah dengan melempar bom kembali dan meledakkannya tepat saat dia mengambil bom lain dari simpanannya. Hal ini akan menyebabkan Great Moblin menjatuhkan bom di belakangnya, meledakkan semua bom dan mengakibatkan ledakan yang akan menjatuhkan Moblin's Keep.

 
 

Setelah kekalahan mereka, Moblin Agung dan pasukannya akan mundur, meninggalkan peti berisi Potongan Hati kelima!

Opsional: Mengebom Great Moblin... lagi.

 
 

Setelah menjatuhkan Moblin's Keep, Link akan menemukan Great Moblin dan dua anggota krunya di sebuah rumah kecil di pojok kanan bawah Sunken City. Di rumah inilah Great Moblin ditemukan sekali lagi sedang membuat bom dengan harapan mendapatkan cukup uang untuk membangun kembali Keepnya yang besar. Link dapat menjatuhkan Bomb atau Ember Seed pada tumpukan bom di pojok, menyebabkan bom tersebut menyala dan akhirnya meledak.

 
 

Link dapat menjatuhkan Bomb atau Ember Seed pada tumpukan bom di pojok, menyebabkan bom tersebut menyala dan akhirnya meledak. Hal ini akan menghancurkan rumah kecil tersebut dan menyebabkan Moblin mundur, hanya untuk kembali beberapa waktu kemudian untuk membangun kembali rumah tersebut dan melanjutkan pembuatan bom. Berdiam diri di dalam rumah selama ledakan akan membunuh Link, sehingga Game Over. Namun, Link dapat meninggalkan rumah sebelum bom meledak untuk menghindari kematian dan melihat Moblin melarikan diri setelah rumah tersebut dirobohkan. Hal ini dapat diulangi untuk kedua kalinya, tetapi pada percobaan ketiga, Moblin akan mengetahui perbuatan Link dan menguncinya di dalam rumah selama ledakan sebelum melarikan diri, memiliki efek yang sama jika Link tetap berada di dalam rumah selama ledakan.

 
 

Kembali ke Sunken City dan ikuti jalan searah jarum jam ke sudut barat laut, satu layar di atas pintu masuk. Jika musimnya bukan Musim Panas, berenang ke kanan satu layar dan ubah menggunakan tunggul pohon, lalu kembali ke kiri satu layar. Berenanglah di jalur air sempit di antara bebatuan dan menyelamlah ke sini untuk memasuki jalur bawah air. Berenang melewatinya meninggalkan satu layar, kalahkan Ciak-Cipet di sepanjang jalan. Di sisi kiri layar berikutnya, berenanglah dan keluar dari gua bawah air untuk muncul di Mt. Cucco.

4,4 Gunung Cucco

 
 

Panjat tanaman merambat yang tumbuh di dinding dan ke atas, ke kanan, dan ke atas masing-masing satu layar. Abaikan Gagak yang akan terbang dari sisi kiri layar dan menaiki tangga panjang menuju satu layar. Putar ke kiri dan lompat dari langkan di bawah dan Link akan mendarat di portal ke Subrosia.

 
 

Melompati lava ke daratan di atas dan dua Subrosian akan keluar dari kanan, menabrak Link dan menyebabkan dia menjatuhkan Bulu Roc miliknya. Subrosians akan mengambil tanggung jawab untuk menukar Link the Fool's Ore dengan Roc's Feather miliknya sebelum berangkat ke barat.

 
 

Berjalan ke kiri satu layar dan masuk ke rumah milik Strange Brothers yang mengambil bulu Link. Ikuti mereka ke sisi kiri rumah dan keluar. Selama adegan ini, Link harus bersembunyi di balik pepohonan dan objek lain saat ia mengikuti Strange Brothers ke tujuan mereka. Hal ini mirip dengan mengikuti Rosa di awal Bab 2, meskipun sedikit lebih sulit karena Brothers sering mengambil jalur terpisah dan berjalan di sekitar objek paling jelas yang bisa disembunyikan Link.

 
 

Pastikan untuk tidak terlihat saat melewati beberapa layar berikutnya, berjalan di sekitar pepohonan dan bebatuan agar tidak diperhatikan, hingga akhirnya mencapai titik di mana Strange Brothers akan mengubur Roc's Feather di ubin tanah yang agak terlihat jelas. Keluarkan Shovel dan gali bulunya setelah hilang, lalu kembali melewati rumah Strange Brother dan keluar ke sisi lain.

Opsional: Lebih Banyak Harta Karun dari Strange Brothers

 
 

Link dapat masuk kembali ke rumah Strange Brother untuk mengulangi urutannya, mengikuti mereka ke tempat pemakaman untuk mendapatkan Benih Gasha atau 50 Potongan Bijih setiap kali. Perhatikan bahwa Strange Brothers akan mengubah pola pencarian mereka, sering kali menghasilkan urutan yang lebih sulit. Pastikan untuk menggunakan objek di layar untuk menghindari bidang pandangnya. Benih Pegasus mungkin berguna saat mencoba menghindari gerakan tak terduga dari Brother.

Opsional: Benih Gasha di Desa Subrosia

 
 

Dari luar Strange Brother's House, belok kanan ke dua dan ke atas satu layar. Masuki rumah di sini dan lompat melintasi kolam lava di sudut kiri atas untuk mendapatkan Benih Gasha.

 
 

Kembali ke portal yang membawa Link dari Mt. Cucco, belok kanan ke salah satu layar dan lompat melintasi sungai lava dan turuni tangga menuju area gua. Lompat melintasi platform bergerak dan lanjutkan ke kanan satu layar, lalu melintasi platform yang bergerak vertikal ke tangga di sisi lain.

Opsional: Benih Gasha di Gua

 
 

Di sisi paling kanan gua terdapat tangga menuju ke area di mana Benih Gasha dapat ditemukan.

 
 

Keluar dari gua untuk tiba di Menara Musim Semi Kuil Musim. Di dalam, lompatlah melintasi aliran lava ke tangga lalu lanjutkan naik menara ke altar Roh Musim Semi, yang akan memberkati Batang Musim dengan Kekuatan Musim Semi !

 
 

Karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan di Subrosia untuk saat ini, mundurlah dari Menara Musim Semi dan melalui gua bawah tanah menuju portal dan kembali ke Gunung Cucco.

Opsional: Air Mancur Peri Besar Gunung Cucco

 
 

Gua yang tampaknya tidak dapat dijangkau di sebelah kiri portal menuju Subrosia berisi Air Mancur Peri Besar di dalamnya. Untuk mencapainya, gunakan tunggul pohon di kaki gunung untuk mengubah musim menjadi Musim Dingin, lalu naiki tangga seolah-olah menuju portal, hanya saja kali ini melompati lubang dan keluar dari langkan di sebelah kiri. Link akan mendarat di tumpukan salju dimana dia sekarang bisa memasuki gua.

 
 

Turun dari langkan ke bawah satu layar ke tunggul pohon dan gunakan itu untuk mengubah musim ke Musim Semi. Berjalan ke kanan salah satu layar, di mana beruang biru bersayap bernama Moosh dapat ditemukan sedang mengendus-endus Pisang Musim Semi. Potong semak berbunga dan naiki satu layar di sepanjang jalan. Keluarkan Gelang Kekuatan dan angkat Cucco Terbang yang ditemukan di sini, lalu terus tekan tombol yang ditetapkan pada gelang tersebut agar terbang lebih tinggi. Saat Cucco mencapai tepi gunung di sebelah kanan, Link akan melompat ke langkan.

 
 

Naik satu layar dan masuki gua. Dengan menggunakan Bulu Roc, lompatlah melintasi lubang menuju tangga di atas, perhatikan Keese di seluruh gua yang akan mencoba menjatuhkan Link ke jurang maut. Di luar, geser Spring Banana ke bawah dari pohon.

Opsional: Cincin Kegembiraan Hijau

 
 

Dari pohon Pisang Musim Semi, turuni satu layar dengan melompat dari langkan, lalu lanjutkan ke langkan bawah berikutnya di mana pintu masuk gua lainnya ditemukan. Di dalam, platform hijau akan dengan cepat mengelilingi area di tengah ruangan. Naiki platform, tebas pedang Link di sepanjang jalan untuk membersihkan Keese yang mungkin menjatuhkannya ke dalam lubang, dan melangkah ke sisi kiri area tengah. Berjalanlah ke saklar agar Cincin Ajaib jatuh di sisi lain bebatuan, lalu naiki platform seperti sebelumnya untuk mencapainya. Cincin ini akan dinilai sebagai Green Joy Ring .

 
 

Bawakan Spring Bananas ke Moosh, yang akan berterima kasih kepada Link dengan menawarkan bantuannya. Pergilah ke kiri empat layar, lewati beberapa Deku Scrub yang mudah dihindari di sepanjang jalan, ke wilayah Gunung Goron. Musim di sini akan berganti menjadi Musim Dingin, menciptakan tumpukan salju yang menghalangi jalan ke barat. Naiklah ke satu layar dan gunakan Moosh untuk terbang melintasi lubang untuk meraih Kunci Naga di sisi lain, lalu terbang kembali keluar dan turun satu layar. Sebelum kembali ke timur, ada misi opsional yang kini dapat diselesaikan untuk mendapatkan Kotak Cincin yang ditingkatkan.

Opsional: Melalui Gua untuk Kotak Cincin L-2

 
 

Gunakan Shovel atau serangan ground-pound Moosh untuk melewati tumpukan salju dan pergi ke kiri satu layar. Bom dinding retak di sini untuk membuka pintu masuk gua, lalu masuk ke dalam. Jika Anda membutuhkan beberapa Bom, coba gali tumpukan kecilnya untuk menemukan lebih banyak. Ikuti jalan, hindari Green Zols di sepanjang jalan, dan naiki tangga di ujung. Berjalan ke kanan satu layar dan naik tangga di sini, lalu pergi ke kiri layar di atas dan masuki gua.

 
 

Waspadai Kumbang Berduri yang bersembunyi di bawah semak-semak di ruangan ini dan naiki tangga di ujung. Kembali ke luar, sekarang di puncak timur Gunung Goron, belok kanan ke salah satu layar, di mana dua Blue Lynel akan berkeliaran. Ikuti jalan di sisi bawah bebatuan di sebelah kiri satu layar, lalu seberangi jembatan dan lompat dari langkan di paling kiri.

 
 

Di dalam gua tempat Link mendarat terdapat Goron merah yang akan memberi Link Kotak Cincin L-2 yang ditingkatkan ! Keluar dari gua dan lompat dari langkan ke bawah satu layar untuk kembali ke kaki Gunung Goron.

 
 

Langsung menuju ke timur hingga mencapai tunggul pohon di bawah portal Subrosian di Gunung Cucco. Ubah musim kembali ke Musim Semi, lalu belok kiri ke tiga layar. Bunga oranye besar di sini disebut Blast Bloom, dan akan meluncurkan Link ke langkan di atas. Sesampai di sana, lanjutkan ke satu dan ke kanan dua layar, perhatikan banyak Suka-Suka dan Moblin Babi Merah di sepanjang jalan. Tautan sekarang akan berada di pintu masuk ke ruang bawah tanah keempat, meskipun belum bisa dimasuki.

 
 

Di sebelah kanan air terjun, menyelamlah ke bawah di pojok kanan atas kolam hingga mencapai area gua bawah air. Berenang ke kanan satu layar dan lanjutkan ke bagian paling kanan atas untuk mendapatkan Permata Piramida , lalu berenang kembali keluar dari gua bawah air menuju air terjun.

 
 

Gunakan tunggul pohon untuk mengubah musim menjadi Musim Dingin, lalu pergi ke kiri dua layar melintasi jalur es. Naiki tangga dan turuni langkan di sebelah kanan menuju jalur salju dan ikuti ke kanan satu layar menuju pintu masuk gua.

 
 

Di dalam, lompat melintasi lubang untuk mencapai jalan setapak di sisi atas bebatuan, lalu lempar batu ke samping dan lanjutkan ke kiri satu layar. Di bagian kiri atas ruangan ini, naiki tangga menuju area gua lain di atasnya, lalu lingkari lubang besar di tengah ruangan ke sisi bawah untuk mencapai tangga menuju luar menuju puncak Gunung Cucco.

 
 

Berjalan ke kanan satu layar dan angkat Blue Cucco, tekan tombol A dengan cepat hingga mencapai langkan di sisi berlawanan. Berjalan ke kanan layar lain dan masukkan Kunci Naga ke dalam lubang kunci, hentikan air keluar dari gunung dan buka pintu masuk ke Level 4.

 
 

Pergilah ke kiri satu layar dan lompat dari langkan, lalu segera ke kanan satu layar dan gunakan tunggul pohon untuk mengubah musim menjadi Musim Panas. Setelah jalan dibersihkan dan jalur tanaman merambat menuju ke sana, Link akhirnya bisa memasuki Dancing Dragon Dungeon.

4.5 Penjara Bawah Tanah Naga Menari

 
 

Dari pintu masuk ruang bawah tanah, berenanglah melintasi air menuju sudut kiri atas ruangan dan naiki satu layar melalui lorong tersebut. Dua Stalfo Terselubung memantau ruangan ini, jadi hindari atau kalahkan mereka dan dorong blok kedua dari kiri (atau blok terakhir di sebelah kanan) ke samping untuk mencapai peti berisi 10 Bom.

 
 

Di sisi kiri ruangan, naik ke kereta tambang, yang mengikuti jalur meninggalkan satu ruangan. Saat melewati sisi kiri tuas biru di tengah ruangan, pukul dengan pedang Link untuk mengubah jalur lintasan, sementara kereta tambang akan terus naik satu ruangan sebelum berhenti. Di sini, tiga Keese dan dua Stalfo Terselubung akan berkeliaran. Di tengah dinding di sebelah kanan, bom area yang retak untuk membuka jalan dan lewati satu layar ke kanan.

 
 

Ada beberapa saklar yang mengelilingi sekelompok vas di tengah ruangan. Singkirkan dua vas di baris tengah, lalu dorong sisanya ke sakelar. Berdirilah di saklar terakhir dan Kunci Kecil akan jatuh ke tengah ruangan. Ambil kuncinya dan kembali ke kiri satu layar.

 
 

Naik ke kereta tambang, turuni satu layar dan sekarang sepanjang jalan menuju ruangan di sebelah kiri. Berenanglah melintasi air ke sisi kiri ruangan, hindari Tektites Air yang berenang di sekitarnya, dan waspada terhadap Zol Hijau yang akan muncul saat mendekati patung biru. Dorong patung sepenuhnya KE ATAS dan KIRI ke tombol dan masuk melalui pintu yang sekarang terbuka ke atas satu layar.

 
 

Berenang melintasi air ke sudut kiri atas ruangan ini. Ada beberapa cara untuk memindahkan balok ungu di sini untuk mencapai tangga, tetapi salah satu opsi yang memungkinkan adalah dengan mendorong balok kedua di baris vertikal ke KIRI, lalu mendorong balok yang berada di bawahnya ke BAWAH. Turuni tangga ke jalan berkelok-kelok yang dipenuhi balok.

 
 

Berhati-hatilah terhadap musuh baru di sini yang akan muncul di sepanjang jalan, Green Wizzrobe , sambil juga mewaspadai Keese yang beterbangan. Ikuti jalan searah jarum jam ke sudut kanan bawah ruangan dan turuni satu layar melalui lorong. Lanjutkan sepanjang jalan untuk mencapai jalan menuju ke kanan satu layar, di mana peti berisi Peta Dungeon dapat ditemukan.

 
 

Kembali ke kiri satu layar dan lurus sepanjang sisi bawah ruangan menuju tangga menuju ke area penjara bawah tanah. Gunakan Bulu Roc untuk melompat sepanjang platform bergerak dan menuju ke kanan satu layar. Di sini, serangkaian platform biru kecil akan mulai memudar.

 

Gambar di atas menunjukkan blok mana yang muncul pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3) secara berurutan, serta jalur untuk melintasinya dengan aman ke sisi lain. Langkah-langkah berikut menjelaskan prosesnya dalam teks:
– Pertama, berjalanlah ke platform yang muncul di sebelah langkan tempat Link berdiri saat memasuki layar, lalu lompat dari sana ke platform di sebelah kanan.
– Selanjutnya, lompat ke platform tepat di belakang Link saat muncul, lalu ke platform ke atas dan ke kanan saat muncul.
– Tunggu beberapa saat hingga platform lain muncul tepat di sebelah kanan platform ini dan lompat ke sana, lalu lanjutkan menuju ke kanan ketika set berikutnya muncul dan lebih jauh lagi ke langkan di sebelah kanan. Naiki tangga untuk keluar dari area dungeon.

 
 

Link akan berada di ruangan remang-remang dengan jalan tidak beraturan yang dikelilingi lubang tanpa dasar menuju ke peti. Meskipun jalannya sudah sedikit terlihat, obor di tengah ruangan mungkin menyala untuk membantu melihat lebih jelas. Berjalanlah dengan hati-hati di sepanjang jalan untuk mencapai peti berisi Kunci Kecil.

 

Sekarang, Link harus mundur hingga ke pintu masuk ruang bawah tanah dan terus melewati bagian timur ruang bawah tanah. Mulailah dengan kembali menuruni tangga ke area dungeon sebelumnya, di mana Link harus melintasi platform biru lagi. Seperti sebelumnya, gambar di atas akan menampilkan jalur termudah untuk diambil, serta deskripsi teks berikut:
– Mulailah dengan melompat ke platform biru terdekat ketika muncul, lalu turun ke platform di bawahnya ke kiri beberapa saat kemudian, dan selanjutnya ke yang di bawah ini.
– Saat platform mulai menghilang, melangkahlah ke platform yang muncul di sampingnya di sebelah kanan.
– Saat platform mulai berubah, lompat ke platform yang muncul di sebelah kiri dan ke atas dari arus di tempat Link berdiri, lompat ke platform berikutnya yang muncul di bawah dan ke kiri dan ke langkan paling kiri dari sana.
Lanjutkan ke kiri satu layar dan seberangi platform hijau menuju tangga dan tinggalkan area penjara bawah tanah.

 
 

Ikuti jalan lurus ke atas satu layar, lalu lanjutkan hingga mencapai tangga di pojok kiri atas ruangan. Singkirkan balok ungu dan kalahkan tiga Tektite Air yang berenang di sekitar untuk membuka kunci jalan di bagian bawah ruangan. Strategi yang baik di sini adalah melakukan Spin Attack dan menunggu Tektite berenang mendekati tepi, lalu melepaskannya untuk menghabisi mereka.

 
 

Lanjutkan ke bawah satu layar melalui bagian yang terbuka dan lompat ke kereta tambang di sudut kanan bawah. Tekan tuas biru seperti sebelumnya saat kereta tambang melewati ruangan di atas, mengubah jalur ke orientasi aslinya. Naik kembali ke kereta tambang dan naik ke bawah dan ke kanan masing-masing satu layar, lalu turun satu layar ke ruang pertama penjara bawah tanah.

 
 

Berenang menyeberang ke sisi kanan ruangan dan menuju ke kanan satu layar. Berhati-hatilah untuk tidak menabrak tiga Anti-Peri yang mengerumuni ruangan ini sambil melompati bagian lantai yang berduri ke arah sisi kanan. Bom dinding retak di sebelah kanan dan lewati lorong di sebelah kanan satu layar.

 
 

Kalahkan tiga Green Stalfos dan Keese di ruangan ini, biarkan satu blok ungu di sisi paling kanan ruangan didorong ke segala arah hingga peti muncul di ubin tengah. Buka peti untuk mengambil Kompas.

 
 

Kembali ke kiri satu layar dan segera naik ke ruangan berisi air dengan rol berduri bergerak maju mundur di sepanjang permukaan air. Saat berenang menuju bagian atas ruangan, gunakan tombol B untuk menyelam ke bawah dan menghindari terkena roller. Di bagian atas ruangan ini, naiki satu layar melalui lorong.

 
 

Tautan akan diambil oleh Spiked Beetle saat masuk, jadi berhati-hatilah agar tidak tertabrak oleh Like-Like yang menunggu di sebelah kiri. Kalahkan musuh, serta Keese yang beterbangan karena mereka dapat membuat ruangan sulit dinavigasi. Jalur yang dimaksudkan untuk mencapai kereta tambang di bagian kiri atas ruangan adalah dengan memutari jalur tersebut berlawanan arah jarum jam dan menggunakan Bulu Roc untuk melintasi ubin retak di antara lubang tanpa dasar. Namun, Anda dapat mencapai sisi lain dari balok ungu yang terlihat saat Link masuk hanya dengan berdiri di ujungnya dan melompat sambil menahan ATAS dan KIRI untuk mencapai platform. Naik ke kereta tambang, yang akan naik satu ruangan.

 
 

Geser tuas biru di ruangan ini saat kereta tambang lewat, lanjutkan ke kanan satu ruangan sebelum mengosongkan Link. Segera naik kembali ke kereta tambang dan pergi ke kiri dua ruangan. Kalahkan dua Suka-Suka dan Tektite Air di ruangan ini agar Kunci Kecil jatuh dari langit-langit ke dalam genangan air di tengah. Menyelam ke bawah dan ambil kuncinya, lalu naik kembali ke kereta tambang dan kembali ke dua ruangan.

 
 

Pergilah ke sisi kanan ruangan dan lewati blok yang terkunci, lalu lanjutkan ke kanan satu layar. Tiga Stalfos Terselubung, salah satunya dikenal sebagai Stalfos Pedang , di ruangan ini harus dikalahkan agar serangkaian anak tangga muncul di langkan atas. Ambil beberapa Benih Pegasus dari vas di sisi kanan ruangan jika diperlukan, lalu naiki tangga ke langkan. Gunakan Benih Pegasus dan Bulu Roc untuk melompat melintasi bagian panjang jurang maut sambil menuju ke kiri satu layar di sepanjang langkan. Di ujung terjauh, turuni tangga ke lantai pertama di bawah.

 
 

Pergilah ke tangga di sebelah kanan dan dorong blok tengah ke BAWAH untuk melewatinya. Cukup hindari Red Zol dan Orange Stalfos di ruangan ini dan naik ke kereta tambang, pergi ke kiri dua ruangan sebelum mengosongkannya. Berhati-hatilah dengan dua Sworded Stalfo di sini yang akan mengejar Link, serta Anti-Fairie yang memantul, sambil menuju ke bagian yang ditinggikan di sudut kiri atas. Naiki tangga ke langkan dan ambil Kunci Kecil dari peti. Di ruangan ini juga ada Business Scrub tepat di sebelah kanan langkan ini yang akan menjual Link 10 Ember Seeds dengan harga 20 rupee, meskipun pertarungan bos mendatang akan menyediakan Link dengan banyak, jadi simpanlah rupee itu!

 
 

Berjalanlah menyusuri satu layar melalui lorong menuju ruangan yang dipenuhi lantai berduri dan beberapa Anti-Peri. Lompat melintasi lantai berduri ke ubin yang aman sambil menuju ke bawah ke ruangan tempat pertarungan dengan bos mini penjara bawah tanah, Agunima , akan dimulai.

 
 

Agunima akan membuat dua salinan dirinya dan berpindah ke salah satu dari empat formasi di sekitar ruangan: Pola segitiga (dua di bawah dan satu di atas) di tengah ruangan, dan pola segitiga terbalik di tengah ruangan, dan salah satunya deretan vertikal tiga di sisi kiri atau kanan ruangan. Setelah berada di posisinya, Agunima dan klonnya akan muncul sepenuhnya sebelum menembakkan ledakan energi ke arah Link. Mereka kemudian akan menghilang dan berganti formasi sebelum muncul lagi. Mengalahkan Agunima membutuhkan menyalakan obor di tengah menggunakan Ember Seeds (yang dapat ditemukan di semak-semak di sekitar ruangan), memperlihatkan bayangan di bawah Agunima yang asli, dan menebasnya dengan pedang. Jaga agar Spin Attack tetap terisi untuk dilepaskan ke Agunima saat penyihir menurunkan transparansinya dan terbentuk sepenuhnya, manfaatkan peluang untuk menyerang. Meskipun agak sulit untuk menjaga obor tetap menyala saat mencoba mengalahkan Agunima, strategi yang baik adalah menyalakannya tepat sebelum pemberhentian ketiga di posisi awal. Hal ini akan memberikan cukup waktu bagi obor untuk bertahan melalui dua kemunculan Agunima sebelum padam lagi, dan pada saat itu obor dapat segera dinyalakan untuk mendapatkan hasil yang sama.

 
 

Setelah Agunima dikalahkan, pintu yang terkunci di atas, bawah, dan kanan ruangan akan terbuka. Ruangan di sebelah kanan berisi Orang Tua Bijaksana yang mengungkapkan “Apa yang kamu cari ada di mata”, mengacu pada lokasi Kunci Bos di ruangan berikutnya.

 
 

Kembali ke ruang bos mini, turunkan satu layar dan masuk ke kereta tambang, naik ke kanan dan turun satu layar masing-masing di sepanjang trek paling kiri. Setelah kereta tambang mengosongkan Link, turunkan satu layar ke ruangan dengan dua musuh baru: Beamos dan tiga Orange Stalfos. Musuh-musuh ini tidak perlu dikalahkan, jadi cobalah menghindarinya dan lanjutkan ke kiri satu layar melalui pintu yang terkunci.

 
 

Link akan berada di ruangan yang penuh dengan patung dan lantai retak di sepanjang jalan sempit menuju peti. Gunakan Benih Pegasus, lalu dorong patung ungu ke KIRI, menyebabkan peti muncul di langkan di atas sebelum ubin lantai yang retak mulai runtuh. Terburu-buru di sepanjang jalan menuju peti, menebas atau melompati Keese yang terbang di sepanjang jalan jalan. Buka peti untuk mendapatkan Ketapel , lalu lompat dari langkan dan kembali ke kanan dan naik satu ruangan masing-masing ke kereta tambang.

 
 

Naik ke kereta tambang dan naik dan tinggalkan masing-masing satu layar. Naiki tiga layar, lewati ruangan bos mini dan ruangan dengan lantai berduri, kembali ke ruangan dengan Business Scrub. Lengkapi Slingshot dengan Ember Seeds dan naikkan kereta tambang ke kanan satu ruangan. Tembak obor yang tidak menyala sampai semuanya menyala dan peti akan muncul di langkan di bagian bawah ruangan.

 
 

Naik kereta tambang kembali ke ruang Business Scrub, lalu turunkan satu layar ke ruangan dengan lantai berduri. Lompati paku dan pergi ke sisi kanan, lalu naiki tangga dan ikuti jalan ke atas dan ke kanan masing-masing satu ruangan. Buka peti di sini untuk menerima Kunci Kecil.

 
 

Kembali menyusuri jalan menuju ruang lantai berduri, lalu lanjutkan ke bawah dua layar. Pastikan Slingshot dilengkapi dan naikkan kereta tambang ke kanan satu layar. Tembak setiap tuas saat kereta tambang melaju di sepanjang lintasan, ubah orientasinya untuk mengarah ke jalur paling kanan. Setelah kereta tambang mengosongkan Tautan, masing-masing naik dan ke kanan satu layar.

 
 

Lingkari ruangan ke sisi paling kanan atas. Perkuat dengan Benih Pegasus dan gunakan Bulu Roc untuk melompati celah, menuju ke kiri menuju langkan. Lanjutkan naik satu layar melalui blok terkunci ke ruangan berisi air dan beberapa musuh. Di tengah ruangan ini terdapat area lantai menyerupai tengkorak. Seperti yang diisyaratkan oleh Pak Tua Bijaksana sebelumnya, menyelam ke bawah air melalui “mata” kanan lantai berbentuk tengkorak akan mengungkap Kunci Bos yang tersembunyi!

 
 

Sekarang, kembali ke satu layar. Lemparkan salah satu vas ke samping dan lompati celah untuk jalan pintas keluar dari ruangan ini dan pergi ke kiri dan ke bawah masing-masing satu layar. Naik kereta tambang kembali sepanjang jalur ke atas dan masing-masing meninggalkan satu layar. Di bagian bawah ruangan, dorong balok di sebelah kanan Perangkap Bilah ke BAWAH, hentikan agar tidak menembak ke arah Link sambil berdiri di jalur di bawah. Berjalan di sepanjang jalan ini dan tembakkan Slingshot ke sakelar, ubah orientasi trek di atas, dan naik kereta tambang sekarang meninggalkan satu ruangan.

 
 

Kalahkan tiga Wizzrobe Merah di ruangan ini untuk membuka pintu di atas dan melewatinya satu layar. Kalahkan atau hindari Red Zols sambil menghindari serangan Beamos dan lewati blok terkunci di bagian atas ruangan, lalu lanjutkan menuruni tangga ke dungeon level B1F.

 
 

Berjalan ke kanan menuju celah di dalam ruangan dan tembak Ember Seeds ke obor di sisi lain, nyalakan mereka dan menyebabkan jembatan melintasi celah tersebut muncul. Lanjutkan ke kanan satu layar ke ruangan yang penuh dengan vas, dua Wizzrobe Merah, dan Stalfos Pedang. Persediaan kesehatan dan perbekalan menggunakan vas dan lanjutkan ke satu layar melalui jalan di sudut kanan atas ruangan.

 
 

Melangkah ke platform hijau dan mengendarainya mengelilingi ruangan di atas jurang maut, mengayunkan pedang Link untuk mengirimkan Keese yang mungkin menjatuhkannya dari platform, hingga mencapai area lantai di mana pintu masuk ke sarang bos dapat dilihat . Pergilah melalui pintu masuk ke dalam domain Gohma , bos dari Dancing Dragon Dungeon.

 
 

Saat Link masuk ke dalam ruangan, bayangan Gohma akan mengikutinya hingga mencapai lokasinya, dan pada saat itu makhluk itu akan jatuh dari langit-langit. Gohma akan menggunakan penjepit besarnya untuk mencoba meraih Link dan menghantamkannya ke lantai sebelum melemparkannya ke samping, menimbulkan kerusakan besar. Ia juga akan menggunakan penjepitnya untuk melindungi matanya dari proyektil. Gohma biasanya berjalan dari sisi ke sisi, terkadang bergerak lebih cepat sejenak saat mencoba meraih Link jika dia mendekat.

 
 

Langkah pertama untuk mengalahkan Gohma adalah dengan menyingkirkan penjepit besar makhluk itu. Risiko mendekati Gohma dan ditangkap terlalu tinggi untuk tidak menggunakan Serangan Putar di sini, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk menjatuhkan penjepitnya. Setelahnya, Gohma akan terus bergerak di dalam ruangan, kini menambah kecepatan lebih sering. Saat mata Gohma terbuka, gunakan Ketapel untuk menembakkan biji Scent atau Ember ke matanya untuk memberikan damage pada bos. Saat yang tepat untuk menyerang adalah saat Gohma berhenti untuk memuntahkan larva kecil yang akan memantul di sekitar ruangan menuju Link. Larva ini akan menyebabkan kerusakan kontak, sedangkan larva berwarna merah khususnya akan bertindak seperti Gel Merah dan memperlambat pergerakan Link saat menempel padanya. Namun, mereka relatif tidak berbahaya dan sebenarnya merupakan cara yang baik untuk memulihkan kesehatan dan benih ketika dikalahkan. Setelah cukup berhasil menembak ke mata Gohma,

 
 

Ambil Wadah Hati yang ditinggalkan oleh Gohma dan menuju ke kanan satu layar. Naiki altar untuk mendapatkan Esensi Alam keempat, Hujan yang Menyejukkan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MINISH CAP BAB 2

ORACLE OF AGE BAB 3

LINK AWEKENING DX BAB 5