LINK AWEKENING DX BAB 4
Bab ini membahas versi asli Link's Awakening DX untuk Game Boy Color. Jika Anda bermain di versi Nintendo Switch, lihat Walkthrough Terowongan Pemancing .
- Bab 1 – Gua Ekor
- Bab 2 – Gua Botol
- Bab 3 – Gua Kunci
- Bab 4 – Terowongan Pemancing
- Bab 5 – Mulut Ikan Lele
- Bab 6 – Kuil Wajah
- Bab 7 – Menara Elang
- Bab 8 – Batu Penyu
- Bab 9 – Kebangkitan
4.1 Perjalanan Menuju Gurun




"Tiupan! Berapa banyak Instrumen yang Anda dapatkan sejauh ini? Saat Anda memainkan Instrumen di depan Telur, Ikan Angin akan bangun dan Anda akan meninggalkan pulau ini. Sekarang, kamu harus bergegas ke Gurun Yarna! Penghuni pasir yang gelap dan mengerikan akan menunjukkan jalannya! Hoo Hoo!” |
Ada banyak hal yang perlu kita lakukan dan banyak hal yang bisa kita lakukan sebelum menuju ke dungeon berikutnya. Mulailah dengan berjalan ke kanan dan Anda akan dihadang oleh burung hantu. Dia memberi Anda lebih banyak informasi tentang Ikan Angin, tetapi kemudian mengirim Anda dalam misi ke Gurun Yarna. Begitu dia terbang, berjalanlah ke kanan layar, ke atas layar, ke kanan, ke atas, dan ke kiri layar.
Anda akan berada di layar dengan tengkorak batu raksasa. Jika Anda belum melakukannya, Anda dapat meledakkan batu ini dengan bom agar Anda dapat melewati area ini dari kedua arah. Naiki layar dan Anda akan menemukan teman baik kami Talon. Bicaralah padanya dan dia akan memintamu untuk meminjam tongkat yang kita dapatkan sebelumnya dari Monyet. Setuju untuk melakukannya dan orang gila itu akan memukul sarang lebah yang ada di pohon terdekat. Setelah adegan kejar-kejaran yang lucu, Talon akan kabur tetapi sarang lebahnya akan jatuh ke tanah. Berjalanlah dan ambil untuk mengumpulkan Honeycomb , item keenam dalam Urutan Perdagangan .



Pada layar yang sama ada celah di dinding di atasnya dan jika Anda meledakkannya, Anda akan menemukan air mancur peri. Berjalan ke layar ke kiri dan Anda akan melihat dinding retak lainnya. Tempatkan bom lalu masuki gua yang terbuka. Lengkapi Sepatu Pegasus dan lari melewati blok hijau yang menghalangi Anda. Hindari percikan api lalu naik ke layar. Lingkari blok kembali ke bawah layar dan kemudian naik layar di sepanjang sisi kanan. Jika kamu menggunakan pedang dan menusuk dinding di sisi kanan, kamu akan mendengar suara aneh, menandakan rahasia di balik dinding. Gunakan bom untuk meledakkan lubang dan pergilah untuk menemukan Sepotong Hati #6. Mundur ke ruangan terakhir dan turun ke layar. Lari melalui blok hijau, dorong blok batu, dan buka peti harta karun untuk mendapatkan 50 rupee. Mundur melalui pintu keluar gua untuk kembali ke dunia luar.



Berjalan menyusuri layar dan meninggalkan layar untuk kembali ke area dengan portal warp. Dari sini lanjutkan ke kiri layar dan ke bawah layar untuk mencapai bilik telepon. Ada pohon besar tepat di sebelah kanan bilik telepon. Gunakan Pegasus dan lari ke pohon ini dari bawah, kiri, atau kanan dan cangkang rahasia akan muncul. Ambil untuk mendapatkan Rahasia Kerang #14! Sekarang kembali ke atas layar dan tinggalkan layar untuk kembali ke Desa Mabe.



Kembali ke Desa Mabe, berjalanlah ke bagian timur laut kota menuju layar tepat di atas Toko Desa Mabe. Angkat bebatuan dan masuki bangunan yang dikenal sebagai Kuil Impian . Berjalanlah dan lompat ke tempat tidur dan Link sepertinya akan tertidur.
Anda kemudian akan muncul di sebuah gua yang memiliki beberapa Arm-Mimics . Ini berfungsi seperti peniruan topeng tetapi sangat merusak jika Anda menyentuhnya. Gunakan Sepatu Pegasus Anda untuk berlari melewatinya. Lari ke atas layar, ke kanan layar, dan ke bawah layar. Naiki tangga dan kembali ke atas layar untuk menemukan peti harta karun. Buka untuk mendapatkan 100 rupee! Kembali ke bawah layar dan lari melewati blok hijau. Naik layar sekali lagi dan buka peti harta karun untuk mendapatkan Ocarina ! Turun ke layar, lompat dari langkan, dan keluar dari gua ini.



Link akan terbangun kembali di dalam kuil mimpi. Keluar dari rumah lalu menuju ke layar di utara Rumah Marin. Bicaralah dengan Marin dan dia akan mengajari Anda lagu pertama di Ocarina Anda, Balada Ikan Angin . Itu benar-benar lagu yang menyenangkan. Kami akan menggunakan lagu ini beberapa kali sepanjang pencarian kami.
Langkah kita selanjutnya adalah kembali ke pintu masuk Gua Ekor. Berjalanlah melewati kota dan kembali ke layar di sebelah barat pintu masuk Gua Tail. Ada satu-satunya semak di dekat kiri bawah layar. Sama seperti sebelumnya, gunakan Pegasus Boots Anda dan lari ke dalamnya dari bawah, kiri, atau kanan. Berjalanlah dan kumpulkan Kerang Rahasia #15 yang muncul dari pohon!



Tujuan kami berikutnya adalah Animal Village di sisi timur Pulau Koholint. Berjalanlah kembali ke bilik telepon yang terletak tepat di barat daya Kastil Kanalet. Dari bilik telepon berjalanlah ke kanan sebuah layar, ke bawah dua layar, dan ke kanan sebuah layar. Ada tanda di layar yang mengatakan bahwa Animal Village berada di sebelah timur. Tebas semak yang ditemukan di layar ini untuk membuka tangga lalu turun.
Hindari ikan di area bawah tanah ini dan gunakan Pegasus untuk menerobos blok hijau. Muncul kembali dan Anda sekarang akan berada di sisi timur sungai panjang yang membentang di sebagian besar Pulau Koholint. Kita bisa langsung berjalan ke bawah dua layar dan jika Anda membaca tandanya, Anda akan menemukan bahwa Animal Village ada di sebelah kanan.



Namun sebelum kita masuk ke Animal Village, ada rahasia kerang yang bisa kita temukan. Dari tiang penunjuk jalan di luar Animal Village, mari kita turuni dua layar dan meninggalkan satu layar. Hindari gumpalan dengungan saat Anda menuju ke atas layar, melintasi jembatan dalam prosesnya. Bicaralah dengan patung burung hantu di sini dan tertulis, “RAHASIA ITU SEPERTI AIR KETIKA DATANG KE JEMBATAN”. Ini mengacu pada rahasia yang akan kami ungkapkan nanti. Untuk saat ini, keluarkan sekop Anda dan gali tempat di sebelah kiri patung burung hantu untuk mengungkap rahasia kerang. Kumpulkan untuk mendapatkan Kerang Rahasia #16! Dengan itu, mari kita mundur ke bawah layar, ke kanan layar, ke atas layar, lalu ke kanan untuk memasuki Animal Village.



4.2 Desa Hewan dan Gurun Yarna
Animal Village adalah kota kecil yang terdiri dari empat layar. Seperti yang bisa kamu ketahui dari namanya, penghuninya hanyalah binatang! Anda bisa berkeliling kota untuk bertemu dan menyapa penduduk kota, namun tujuan kami adalah di bagian tenggara kota. Masuki rumah dan bicaralah dengan Chef Bear raksasa . Dia melihat bahwa Anda memiliki sarang lebah dan memintanya dari Anda. Setuju untuk memberinya sarang lebah dan sebagai gantinya, dia akan memberi Anda Nanas , item ke-7 dalam Urutan Perdagangan . Beruang tersebut juga akan memberi Anda petunjuk tentang walrus raksasa yang menghalangi jalan menuju Gurun Yarna. Dia menyuruhmu membawa Marin agar dia bisa membangunkannya dengan lagunya.



Dari rumah Chef Bear, berjalan ke kiri layar, ke bawah dua layar, dan ke kanan layar untuk menemukan walrus yang sedang tidur. Jika Anda mencoba berbicara dengan Walrus , Anda akan melihat bahwa dia tertidur lelap dan memikirkan Marin. Untuk membangunkan Walrus Anda harus membawa Marin ke sini ke Animal Village.
Berjalan kembali ke Animal Village dan dari rumah Chef Bear, turuni layar dan tinggalkan layar. Anda akan menemukan Portal Warp kedua . Masuk ke dalamnya untuk mengaktifkannya, yang berarti Anda dapat dengan cepat melakukan perjalanan antara Ukuku Prairie dan Animal Village melalui penggunaan portal.



Setelah Anda keluar dari portal di Ukuku Prairie, kembali ke Desa Mabe. Berjalanlah ke pusat kota di mana baling-baling cuaca berada, tetapi Anda akan melihat bahwa Marin tidak ditemukan. Bicaralah dengan anak muda di sini dan dia menyebutkan bahwa Marin pergi menatap laut.
Tinggalkan Desa Mabe dan pergilah ke Pantai Toronbo. Setelah Anda pertama kali mencapai area berpasir, berjalanlah ke empat layar kanan untuk menemukan Monyet melemparkan kelapa ke arah Anda dari atas pohon. Anda dapat menggunakan Pegasus Boots untuk berlari ke pohon, menjatuhkan monyet ke tanah. Anda juga dapat memukul kelapa tersebut dengan pedang Anda untuk memunculkan item seperti rupee, biji ek pelindung, atau sepotong kekuatan. Berjalan ke kanan layar, ke kiri bebatuan, dan buka peti harta karun di sini untuk mendapatkan 50 rupee! Berjalan menyusuri layar untuk mencapai pantai.



Bicaralah dengan Marin dan Anda akan bergabung dengannya, menatap ke arah lautan tak berujung. Marin bercerita tentang apa yang ada di seberang lautan dan bagaimana dia ingin menyatu dengan burung camar, sehingga dia bisa terbang melintasi lautan. Setelah beberapa pidato romantis lagi, Marin mengetahui bahwa Walrus menghalangi jalan dan setuju untuk bergabung dengan Anda. Sebelum kita menuju ke Animal Village, ada beberapa hal seru yang bisa kita lakukan bersama Marin.



Naik satu layar lalu ke kiri lima layar dan turunkan satu layar di sepanjang sisi kiri. Anda sekarang seharusnya berada di bagian barat daya terjauh Pulau Koholint. Berjalanlah ke tepi sini dan Marin akan melihat ke laut sekali lagi. Marin berbicara tentang ini sebagai perjalanan pertama Anda bersama dan menyatakan ini sebagai tempat rahasia Anda. Fotografer kemudian akan muncul di luar layar untuk mengambil foto Anda berdua yang dia sebut ' … '. Jika ingin melengkapi panduan fotonya, masih ada dua lagi yang bisa kita selesaikan bersama Marin, jadi ayo kembali ke Desa Mabe.
Setelah sampai di Desa Mabe, kembali ke sumur yang kita jatuhkan tadi, terletak dua layar di kiri Rumah Marin. Berdirilah di langkan atas bersama Marin dan lompat ke dalam Sumur. Tautan akan jatuh terlebih dahulu dan Marin akan mendarat tepat di atas. Anehnya, sang fotografer berdiri di sini, menunggu untuk mengambil foto Anda berdua. Foto ini berjudul ' Heads Up! '.



Tinggalkan gua dan kembali ke penunjuk arah cuaca di utara Rumah Marin. Berjalanlah ke patung ayam jago dan Fotografer akan kembali muncul ingin mengambil gambar. Tarin akan datang dan bergabung dengan kalian berdua dan kalian bertiga akan berfoto bersama. Foto ini berjudul ' Katakan “Jamur”! '. Itu saja gambar yang perlu kita ambil.
Sebelum menuju ke Animal Village, saya sarankan Anda bersenang-senang sedikit dengan Marin sebelum dia pergi. Sebagai permulaan, cobalah memukuli ayam, dia akan meminta Anda untuk berhenti menyalahgunakannya. Namun jika Anda terus memukulnya sekitar 20 kali, dia akan berkata, “Bunuh ayamnya! Ayo! Lakukan lagi!” Hal lain yang dapat Anda lakukan dengan Marin adalah melihat ke dalam laci, memecahkan pot, masuk ke penjara bawah tanah dan keluar ketika Anda hampir mati, berbicara dengan Kepala Beruang di Desa Hewan, menggali dengan sekop, memainkan ocarina dan tanyakan pendapatnya tentang hal itu, dan bawa dia ke Trendy Game (yang terbaik). Setelah bersenang-senang, ayo kembali ke portal warp untuk kembali ke Animal Village.



Setelah kita kembali ke Animal Village, berjalanlah ke Walrus dengan Marin tepat di belakang Anda. Setuju untuk memberi kejutan pada Walrus dan Marin akan mulai menyanyikan Balada Ikan Anginnya. Setelah lagu selesai, Walrus akan bangun, melompat ke dalam air dan berenang menjauh. Marin akan mengatakan bahwa dia akan tinggal di desa untuk sementara waktu untuk menghibur hewan. Jika Anda memainkan Ballad of The Wind Fish di layar tempat walrus tidur di awal permainan, walrus akan mengeluarkan kepalanya dari air di dekatnya karena dia lebih menyukai musik Marin daripada musik Anda. Dengan keluarnya Walrus, pergilah ke kanan layar untuk memasuki Gurun Yarna .
Setelah Anda memasuki gurun, naiklah ke dua layar dan Anda akan menemukan beberapa orang yang mengganggu merangkak di sekitar. Kalahkan mereka jika Anda mau, tapi kemudian menuju ke kanan layar. Menaburkan beberapa Bubuk Ajaib pada kerangka di sana dan dia akan memberitahu Anda untuk menggunakan bom di tempat pasir menelan Anda karena ada camilan di sisi lain dinding. Kemudian, pergi ke kiri satu layar dan ke atas satu layar. Anda akan menemukan bos mini Lanmola, yang penampilannya mirip dengan inkarnasi A Link to the Past.



Lanmola akan muncul dari bawah pasir, terbang ke bagian lain dari pasir, dan kemudian menyelam ke bawah. Faktanya, Lanmola bahkan tidak akan mencoba menyerang Anda secara langsung. Kekhawatiran terbesar di layar adalah pasir hisap yang ditemukan tepat di tengah. Jika Anda jatuh ke tengah pasir hisap, Anda akan jatuh ke dalam gua di bawahnya. Hindari bagian tengah dan tebas kepala Lanmola kapan pun Anda punya kesempatan. Tebas Lanmola sebanyak 8 kali untuk mengalahkannya.
Setelah Lanmola dikalahkan, kumpulkan Kunci Pemancing yang dijatuhkannya. Jika kuncinya jatuh melalui pasir hisap, jatuhlah tepat setelahnya. Bahkan setelah Anda mendapatkan kuncinya, jatuhkan pasir hisap ke dalam gua di bawah.



Setelah Anda jatuh ke dalam gua, gunakan pedang Anda untuk mengetuk dinding di bagian atas layar. Di tengah, tepat di sebelah kiri, Anda akan mendengar suara aneh, menandakan rahasia di balik dinding. Gunakan bom untuk meledakkan tembok lalu pergilah untuk menemukan Sepotong Hati #7 ! Pergi melalui beberapa ruangan di gua dan keluar menggunakan tangga.
Kembali ke luar Anda akan menemukan patung burung hantu di dekatnya. Jika Anda berbicara dengannya, ia memberi Anda beberapa kata nasihat yang lebih samar, “BUSA BERUANG LAUT, MIMPI BERUANG TIDUR. KEDUANYA BERAKHIR DENGAN CARA YANG SAMA CRASSSH!”



Berjalan menyusuri layar dan Anda akan menemukan musuh Mario lainnya dalam bentuk Pokey . Makhluk kaktus ini memiliki tiga bagian tubuhnya yang melingkar dan setiap kali Anda menebasnya, salah satu bagiannya akan putus. Kalahkan atau abaikan mereka dan turunkan dua layar lagi di sisi kanan. Gunakan Gelang Kekuatan untuk mengangkat batu yang ditemukan di sini untuk mengumpulkan Kerang Rahasia #17!
Hanya itu yang bisa dilakukan di Gurun Yarna, jadi mari kita kembali ke pintu masuk tempat Walrus tidur. Sepanjang jalan, Anda akan bertemu dengan burung hantu sekali lagi. Burung hantu memberi Anda saran untuk menuju ke air terjun gunung. Lompatan dari atas dan Anda akan mencapai tujuan Anda.
Dengan mengingat hal tersebut, kita bisa menuju ke gunung di bagian utara Pulau Koholint. Namun, jika Anda memainkan game versi DX, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengambil bonus Color Dungeon. Jika Anda memainkan game versi asli, Anda dapat langsung melanjutkan ke bagian berikutnya. Gunakan portal warp di Animal Village lalu kembali ke Mabe Village.



4.3 Ruang Bawah Tanah Berwarna
Sekarang kita kembali ke Desa Mabe, Anda dapat menuju ke sisi barat kota dan memasuki perpustakaan. Di atas rak dekat bagian atas layar Anda akan melihat sebuah buku yang berada di luar jangkauan. Gunakan sepatu Pegasus untuk berlari ke rak dan buku itu akan jatuh ke tanah. Bacalah untuk mengetahui bahwa itu mengungkapkan dunia warna di bawah batu nisan. Ia kemudian memberikan panah untuk lima batu nisan. Ini sebenarnya adalah cara rahasia untuk memasuki Color Dungeon yang terdapat di dalam kuburan.
Tujuan kita selanjutnya adalah kuburan sebenarnya, jadi dari portal warp dekat Desa Mabe, naik tiga layar dan kanan layar untuk memasuki kuburan. Berjalan ke bawah layar dan ke kanan layar untuk menemukan area dengan lima batu nisan. Setiap kali Anda menyentuh batu nisan, ghini akan muncul. Namun, jika Anda mengalahkan ghini awal, semua musuh lain di layar juga akan dikalahkan. Sebelum mendorong batu nisan mari kita bangunkan para ghini lalu singkirkan agar tidak menyusahkan kita. Setelah itu pindahkan batu nisan sesuai urutan yang tertera di buku lalu masuk ke Color Dungeon .
- Nisan Bawah-Tengah Bawah
- Kiri Bawah Nisan Kiri
- Nisan Kiri Atas Atas
- Nisan Tengah Atas Kanan
- Nisan Kanan Atas Atas
Setelah Anda memasuki ruang bawah tanah, bicaralah dengan dua makhluk kerangka di ruangan pertama ini dan pilih warna yang mereka kenakan untuk dilewati. Naiki layar dan Anda akan menemukan diri Anda melawan musuh baru dalam bentuk Goblin Merah dan Hijau . Tunggu sampai mereka muncul di atas tanah dan serang mereka dengan pedang untuk mengalahkan mereka. Berjalan melalui pintu yang terbuka di sebelah kanan.
Ada beberapa patung mata berwarna di ruangan ini. Tebas yang biru di kiri bawah ruangan lalu tebas yang biru di kanan atas ruangan. Ini akan menyebabkan semua patung menjadi merah dan peti harta karun akan muncul. Buka untuk mendapatkan ruang bawah tanah Kompas . Di ruangan ini juga terdapat patung burung hantu, namun paruh batunya belum kami miliki. Namun, yang dikatakan oleh patung burung hantu hanyalah membuat patung-patung di dalam ruangan memiliki warna yang sama, yang telah kita lakukan. Gunakan pedang Anda untuk mengetuk dinding di bagian bawah layar dan Anda akan mendengar suara aneh yang mengungkapkan jalan tersembunyi. Gunakan bom untuk membuka seluruh dinding dan menuju ke bawah layar.
Ada 28 rupee yang ditemukan di ruangan ini, tetapi warnanya sedikit berbeda dan harganya masing-masing 5 rupee. Jadi, jika Anda mengumpulkan 28 semuanya, Anda mendapat 140 rupee! Ambil rupee lalu arahkan ke atas layar dan ke kanan layar.
Anda akan menemukan musuh baru lainnya dalam bentuk Bone Putter , yang akan terbang mengelilingi ruangan, tetapi begitu terkena, mereka akan kehilangan sayapnya dan mulai memantul. Pukul putter tulang untuk kedua kalinya untuk mengalahkannya dan kemudian menuju ke kanan layar.
Anda akan menemukan Karakoro Merah dan Hijau di ruangan ini, upaya lain untuk menyerang musuh berbasis warna. Begitu kamu menyerang salah satu musuh ini, mereka akan meringkuk menjadi bola. Anda kemudian dapat mengangkat karakoro ini dan melemparkannya ke sekeliling ruangan. Anda harus melemparkan yang merah ke dalam lubang merah dan yang hijau ke dalam lubang hijau. Setelah keduanya dilemparkan ke dalam lubangnya masing-masing, peti harta karun akan muncul; buka untuk mendapatkan Paruh Batu .
Naiki layar dan kalahkan atau hindari bone putter. Lanjutkan ke layar lain di mana Anda akan menemukan teka-teki patung lainnya. Kali ini pukul patung di kanan bawah satu kali lalu pukul patung di kiri atas dua kali. Ambil kunci kecil yang jatuh lalu menuju ke kanan layar.
Ada tiga goblin dengan warna berbeda di ruangan ini, termasuk Blue Goblin yang baru , jadi kalahkan mereka atau hindari saja. Gunakan kunci kecil yang baru saja kita dapatkan dan kemudian pergi melalui pintu yang terkunci untuk menghadapi bos mini pertama dari dua bos mini, Giant Buzz Blob .
Giant Buzz Blob pada awalnya kebal terhadap serangan pedangmu. Namun, begitu Anda menaburkan bubuk ajaib ke gumpalan dengungan, ia akan berubah menjadi makhluk mirip zol dan melompat ke sekeliling ruangan. Selama waktu ini kamu bisa menebas dengan pedangmu. Buzz Blob pada akhirnya akan kembali ke bentuk aslinya, dan pada saat itu Anda harus memulai kembali prosesnya. Setelah 6 tebasan pedang, gumpalan dengungan raksasa akan dikalahkan. Ambil peri yang tertinggal dan pergi melalui pintu di sebelah kiri.
Dorong balok atas dan bawah ke kiri lalu gerakkan balok tengah agar bisa lewat. Buka peti harta karun yang ditemukan di sini untuk mendapatkan Kunci Mimpi Buruk ! Dengan kunci di tangan, mari mundur ke kanan satu layar, ke bawah, ke kiri, dan ke bawah dua layar untuk kembali ke tempat kita melawan beberapa karakoro.
Lanjutkan ke bawah layar dan Anda akan menemukan beberapa goblin berwarna. Kalahkan keempat goblin lalu pergi ke kiri layar. Kalahkan dua bone putter di ruangan ini dan buka peti harta karun untuk mendapatkan kunci kecil. Pergi melalui pintu satu arah dan naik ke layar. Gunakan kunci kecil yang baru saja kita dapatkan dan lanjutkan ke layar lain untuk menghadapi mini-boss kedua Dekudon .
Dekudon akan berdiri di dekat bagian atas ruangan dan melompat-lompat. Setiap kali jatuh ke tanah, Link akan terkena stun selama beberapa saat dan serangkaian batu besar akan jatuh dari atas ruangan. Kamu tinggal menebas Dekudon dengan pedangmu dan dibutuhkan total 8 serangan untuk mengalahkannya. Namun, metode lainnya adalah dengan menggunakan bom, yang mana dua bom akan membunuhnya. Alternatifnya, jika Anda memiliki busur dan anak panah, dua anak panah juga akan mengalahkan Dekudon. Setelah dia dikalahkan, ambil peri yang tertinggal dan pergi ke kiri layar.
Kalahkan dua putter tulang di ruangan ini lalu cabut gelang listriknya. Angkat pot di bagian kiri atas ruangan dan injak saklar untuk membuka pintu. Pertama-tama mari kita menuju melalui pintu di bagian atas ruangan.
Kalahkan dua zol merah dan empat zol hijau yang tersembunyi di bawah tanah untuk membuka peti harta karun. Buka untuk mendapatkan Peta Dungeon ! Berjalan ke kanan layar dan Anda akan menemukan empat karakoro. Tebas keempatnya lalu masukkan ke dalam lubang berdasarkan warnanya. Setelah keempatnya ditempatkan dengan benar, ambil kunci kecil yang jatuh dari langit-langit! Dengan kunci di tangan mari kita mundur ke kiri layar, ke bawah layar, dan kali ini pergi ke kiri layar.
Ada sembilan patung yang ditemukan di ruangan ini dan teka-tekinya bisa jadi rumit jika Anda tidak tahu harus berbuat apa. Pukul patung tengah atas, tengah kiri, tengah kanan, dan tengah bawah untuk membuat semuanya menjadi biru, menyebabkan pintu terbuka. Mari kita naikkan layar melalui pintu yang terbuka.
Kalahkan empat zol hijau di ruangan ini lalu gunakan kunci yang kita dapatkan sebelumnya untuk menuju ruangan sebelah kiri. Setelah Anda siap, gunakan kunci mimpi buruk dan naiki layar untuk menghadapi bos penjara bawah tanah, D. Poon .
D. Poon tampak seperti saklar besar dan setiap kali Anda menekan kristalnya, kristal itu akan berubah warna. Awalnya berwarna biru, tetapi akan berubah menjadi hijau, kuning, oranye, dan kemudian merah. Namun, jika Anda tidak memukul kristal tersebut, perlahan-lahan warnanya akan kembali menjadi biru. Selain itu, D. Poon kadang-kadang akan melemparkan proyektil seperti tanda plus ini ke arah Anda.
Kunci untuk mengalahkan D. Poon adalah dengan menggunakan Roc's Feather dan tebas beberapa kali saat masih di udara. Teruslah melompat tanpa henti dan menebasnya dengan pedangmu. Setelah warnanya berubah menjadi merah muda, dia akan mulai memanggil stalfo hijau. Abaikan saja mereka dan terus tebas sampai D. Poon menjadi merah sepenuhnya dan dikalahkan. Ambil peri yang tersisa untukmu lalu menuju ke kanan layar.



Bicaralah dengan Peri Besar dan Anda akan memiliki pilihan untuk memilih Tunik Merah atau Tunik Biru . Tunik Merah akan menggandakan kekuatan pedangmu, sedangkan Tunik Biru menyebabkan pengurangan kerusakan hingga setengahnya. Saya hampir selalu memilih Tunik Biru karena dalam waktu dekat kami akan meningkatkan kekuatan pedang kami dan pertahanan akan menjadi lebih penting. Apa pun yang terjadi, setelah Anda mengambil keputusan, Peri Besar akan memindahkan Anda keluar dari Ruang Bawah Tanah Warna. Namun, Anda selalu bisa kembali dan mengganti tunik jika mau.
4.4 Ketinggian Tal Tal dan Air Terjun
Kami sekarang siap untuk menuju penjara bawah tanah berikutnya, Terowongan Pemancing. Jika Anda baru saja menyelesaikan Color Dungeon, naiklah dua layar, tinggalkan satu layar, naik dua layar, dan tinggalkan layar lainnya. Jika Anda datang dari lokasi lain, pergilah ke layar yang ada di sebelah kanan pintu masuk Bottle Grotto. Jika Anda membaca tanda di layar ini, disebutkan bahwa Gunung Tamaranch berada di sebelah timur. Angkat bebatuan lalu menuju ke kanan layar di sepanjang bagian atas area.
Jika Anda menaiki tangga dan menaiki layar ini, Anda akan menemukan Burung Hantu, dan satu layar lebih jauh lagi, Telur Ikan Angin yang berada di atas Pulau Koholint. Burung hantu berbicara tentang Ikan Angin dan sekali lagi menyebutkan bahwa Anda perlu memainkan Delapan Instrumen Sirene untuk membangunkan Ikan Angin. Inilah satu-satunya cara agar kita bisa meninggalkan Pulau Koholint. Ya, kita masih memiliki 5 instrumen lagi, jadi kembali ke bawah satu layar lalu menuju ke kanan pada dua layar.
Angkat batu yang menghalangi jalanmu lalu menuju ke kanan layar, bawah, kanan, atas, dan kanan untuk menemukan pintu masuk ke Terowongan Pemancing. Ini mungkin tidak tampak seperti pintu masuk ke ruang bawah tanah, tetapi jika Anda berjalan ke lubang kunci dan melemparkan Kunci Pemancing, air terjun akan menghilang, memperlihatkan pintu masuk ke ruang bawah tanah! Sayangnya, kami tidak dapat mencapainya dari sini, jadi kami harus mencari jalan keluarnya.
Dari tempat kami menggunakan Angler Key, berjalan ke kanan layar dan aktifkan portal warp yang ditemukan di sini. Sekarang Anda dapat dengan cepat berpindah antara di luar Desa Mabe, Desa Hewan, dan sekarang Dataran Tinggi Tal Tal. Kita sekarang harus mendaki Gunung Tamaranch untuk mencapai Terowongan Pemancing. Dari titik warp turun satu layar, ke kiri tiga layar, naik tangga, ke kiri dua layar, lalu naik untuk mencapai gunung.
Gunung Tamarach adalah gunung besar, bagian dari Pegunungan Tal Tal yang menempati sebagian besar bagian utara Pulau Koholint. Ini adalah gunung yang sangat luas tetapi kami hanya dapat menjelajahi sebagian saja saat ini. Angkat salah satu batu di area pertama ini dan masuk ke dalam gua. Perhatikan keese, kumbang hardhat, dan zol hijau yang ditemukan melalui gua ini. Berjalan ke kanan layar lalu dorong balok ke atas hingga jatuh ke dalam jurang. Hancurkan kristal di sini, dorong balok ke kanan, lalu dorong balok berikutnya ke bawah, dan turuni tangga.
Berjalan ke kanan layar, hindari musuh, lalu naiki tangga. Anda akan melihat sepotong hati di sisi kiri layar, namun sayangnya kami tidak akan dapat menjangkau hati ini dalam waktu yang cukup lama. Berjalan ke kanan layar lalu keluar dari gua yang ditemukan di sini. Buka peti harta karun yang ditemukan di sini untuk mendapatkan 50 rupee dan kemudian berjalan kembali ke dalam gua. Gunakan Pegasus Boots untuk berlari melewati blok hijau dan menuju ke kanan layar. Lari sekali lagi lalu keluar dari gua.



Berjalan ke kanan layar dan masuki gua yang ditemukan di sini. Kalahkan musuh saat Anda menaiki layar dan menaiki tangga. Ada peti harta karun yang ditemukan di sini, tapi itu palsu karena yang Anda temukan di dalamnya hanyalah zol hijau. Berjalan menyusuri layar dan keluar dari gua.
Berjalan menyusuri layar dan meninggalkan layar untuk menemukan Papahl, ayah dari Keluarga Kembar Empat dari Desa Mabe. Jika Anda ingat, kami memberi istrinya Pita jauh di awal permainan sebagai bagian dari Urutan Pelatihan. Jika Anda berbicara dengannya, dia menyebutkan bahwa dia pada akhirnya akan tersesat di gunung nanti. Meski terdengar aneh, ini dia, tersesat di gunung. Bicaralah padanya dan dia meminta beberapa vittles. Setuju untuk memberinya beberapa dan Link akan memberinya Nanas. Sebagai imbalan atas Nanas, Papahl akan memberi Anda Hibiscus , item ke-8 yang ditemukan dalam Urutan Perdagangan Kebangkitan Tautan .
Berjalan ke atas layar dan meninggalkan layar. Lompat dari langkan lalu menuju ke kanan dua layar. Anda akan menemukan tebing besar tempat Anda bisa melompat, jadi lakukan saja. Anda akan melompat dari gunung dan mendarat tepat di pintu masuk Terowongan Pemancing. Jadi, setelah Anda siap, mari kita menghadapi ruang bawah tanah keempat dalam game ini, Terowongan Pemancing.
4.5 Terowongan Pemancing
Terowongan Pemancing mengikuti rangkaian karena lebih sulit daripada Gua Kunci, tetapi tidak banyak. Ini sedikit kurang linier dan ada lebih banyak item opsional yang bisa ditemukan. Dari layar awal, kalahkan zol dan beberapa kumbang berduri. Ingat, Anda harus menggunakan perisai melawan kumbang ini untuk membalikkannya. Berjalan ke kiri layar dan Anda dapat mengumpulkan beberapa bom yang melayang di atas tanah. Berjalan kembali ke kanan layar, naiki tangga dan menuju ke kanan layar.
Berjalanlah ke atas dua layar, ke kanan layar, dan ke atas layar untuk menemukan peti harta karun berisi Peta Dungeon ! Berjalan kembali ke bawah layar dan lengkapi Pegasus Boots dan bulu roc. Sama seperti di Key Cavern, lari dengan Pegasus Boots lalu gunakan bulu roc untuk melompati celah lalu menuju ke kanan layar.



Bom blok retak yang ditemukan di ruangan ini dan kemudian dorong blok lainnya keluar dari jalan. Buka peti harta karun untuk mendapatkan kunci kecil. Naiki layar untuk menghindari anti-peri, Peahat , dan Tektit Air yang dapat ditemukan di sini. Lanjutkan ke atas layar dan bom blok kedua yang ada di jalur Anda. Buka peti harta karun untuk mendapatkan kunci kecil kedua! Ambil jantung pemulihan yang melayang jika Anda mau, lalu mundur beberapa layar untuk kembali melewati celah besar yang kita lewati.



Dari sini ke kiri satu layar, ke bawah dua layar, dan ke kanan satu layar. Buka peti harta karun yang ditemukan di sini untuk mendapatkan Paruh Batu penjara bawah tanah . Kemudian berjalan kembali ke kiri dua layar, kalahkan musuh yang telah muncul kembali, lalu pergi melalui pintu yang terbuka.
Kalahkan kumbang berduri dan zol yang ditemukan di ruangan ini. Buka peti harta karun untuk mendapatkan Kompas lalu turunkan layar. Bermanuver di sekitar ruangan, kalahkan empat tektit air yang bergerak. Tebas kristal sehingga Anda dapat mencapai peti harta karun untuk mendapatkan kunci kecil lainnya. Berjalan kembali ke atas layar dan kemudian pergi melalui pintu yang terkunci di sebelah kanan.
Kalahkan tektites air lalu gunakan kunci kecil lainnya di pintu terkunci dekat bagian atas ruangan. Ada peti harta karun di sisi kiri ruangan tapi kita belum bisa mencapainya, jadi naik saja ke atas layar. Singkirkan zol jika menghalangi Anda dan sekali lagi gunakan kombinasi Pegasus Boots dan Roc's Feather untuk melintasi celah dan menuju ke layar.
Buka kunci blok yang ditemukan di sini lalu dorong blok yang berdekatan ke atas untuk melewatinya. Ada musuh baru yang dikenal sebagai Bintang karena kemunculannya. Untungnya mereka tidak memberikan banyak masalah dan satu tebasan pedang akan menyelesaikannya. Kalahkan musuh dan pergilah ke kiri layar. Kalahkan dua zol merah di ruangan ini dan kunci kecil akan jatuh dari langit-langit, tapi sayangnya, kunci itu jatuh melalui lubang di tanah. Jika kita berjalan kembali ke kanan layar dan menuruni tangga kita akan melihat kuncinya, tapi kita belum bisa mendapatkannya. Jadi, dari tempat Anda mengalahkan zols, cukup turunkan layar.


Bicaralah dengan patung burung hantu dan itu memberi Anda petunjuk tentang kilatan ubin yang akan kita temukan di salah satu ruangan di depan. Ingatlah hal itu saat Anda menghindari musuh dan menghadap ke bawah layar. Gunakan bulu roc untuk melompati perairan dalam yang ditandai dengan warna biru tua. Hindari tektites air dan peahat saat Anda menuju ke kiri dua layar dan ke atas satu layar. Ada peti harta karun di ruangan ini, tapi tidak berguna dan hanya berisi zol musuh di dalamnya. Hindari musuh dan kemudian naik ke layar.
Ada lima ubin aneh yang ditemukan di tanah di ruangan ini, tapi kami belum bisa berbuat banyak dengannya. Abaikan saja untuk saat ini dan langsung menuju layar. Buka peti harta karun yang ditemukan di ruangan ini untuk mendapatkan kunci kecil. Dengan kunci kecil di tangan, kita perlu mundur ke kiri layar, ke bawah dua, ke kanan dua, dan ke atas dua untuk kembali ke ruangan tempat kita mengalahkan dua zol merah dan sebuah kunci kecil dijatuhkan. Dari sini naiki layar untuk menghadapi bos mini bawah tanah, Cue Ball .
Cue Ball mungkin membingungkan pada awalnya, tetapi sebenarnya ini adalah salah satu bos mini termudah dalam permainan. Titik lemahnya adalah kepalanya yang raksasa dan ada banyak cara untuk menyerangnya. Cue Ball akan dengan mudah bergerak di sekitar ruangan mencoba berlari ke arah Anda. Salah satu cara untuk mengalahkannya adalah dengan menggunakan Sepatu Pegasus Anda dan berlari mengelilingi ruangan dan akhirnya memukul bagian belakang kepalanya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan Roc's Feather dan melompati Cue Ball lalu melancarkan tebasan pedang. Mungkin cara termudah adalah dengan berdiri di dekat salah satu sudut ruangan sehingga Anda menghadap ke area di mana Cue Ball harus berubah arah. Sebelum dia mendapat kesempatan untuk mengubah cara dia bergerak, tebas dia di sisi tubuhnya dan Anda akan melancarkan pukulan. Setelah beberapa tebasan pedang, Cue Ball akan dikalahkan dan pintu di atas akan terbuka, jadi masuklah.



Lengkapi gelang listrik dan tarik tuas kembali ke ruangan ini sejauh mungkin untuk memisahkan balok. Cepat lari ke kiri dan lewati pintu sebelum blok mendekat. Waspadai bola api yang ditembakkan ke arah Anda dan kalahkan zol merah yang ditemukan di ruangan ini. Buka peti harta karun di sini untuk mendapatkan item dungeon, Flippers ! Ini sekarang memungkinkan Link berenang di perairan dalam dan juga di bawah air. Mereka secara otomatis dilengkapi sebagai bagian dari peralatan Anda dan oleh karena itu, mereka bukan item yang dapat digunakan. Dengan barang baru kami di tangan, turunkan layar.
Musuh baru di sini dikenal sebagai Iron Mask dan mereka hanya bisa diserang dari belakang. Gunakan bulu roc untuk melompati mereka dan kemudian dengan cepat memberikan pukulan ke belakang untuk mengalahkan mereka. Ini adalah ruangan yang dimaksud oleh patung burung hantu tadi ketika berbicara tentang kilatan ubin. Ada kilatan di ubin tengah dan setelah Anda melewatinya, ia berpindah ke ubin di kiri bawah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berjalan melewati lima ubin berturut-turut, tanpa melewati ubin lainnya. Setelah Anda melewati kelimanya, pintu di atas akan terbuka. Yang lebih penting lagi, kita sekarang mengetahui pola tengah, kiri bawah, kanan atas, kiri atas, dan kanan bawah. Dengan mengingat hal tersebut, mari kita turun ke bawah layar, dorong balok, lalu ke kiri layar.
Ada lima ubin di tanah pada layar ini dan Anda harus berjalan di atasnya dalam urutan yang benar, tengah, kiri bawah, kanan atas, kiri atas, dan kanan bawah. (Urutannya acak, bisa berbeda untuk Anda) Setelah Anda melakukannya, sebuah tangga muncul di bagian kanan atas layar, jadi ayo turun.
Ada musuh berbasis Mario lainnya di sini yang dikenal sebagai Thwomp . Berjalanlah di bawahnya dan ia akan terbanting ke tanah, jadi cepat mundur. Saat ia kembali ke posisi semula, berjalan melewatinya dan terus ke kiri. Picu pukulan kedua ini dan lewati yang ini juga. Picu sekali lagi lalu segera naiki tangga, lompat ke atasnya, lalu lompat ke tangga untuk muncul kembali.
Turuni layar dan buka harta karun untuk mendapatkan Kunci Mimpi Buruk ! Dengan barang tersebut di tangan, mari kita naik ke atas layar, melompat dari langkan, dan berenang ke kanan di dua layar. Berenanglah ke layar dan buka peti harta karun yang ditemukan di sini untuk mendapatkan 50 rupee. Dengan itu di tangan mari kita ke kanan layar dan naik layar untuk kembali ke ruangan tepat sebelum mini-boss.
Jika Anda belum melakukannya, kalahkan zol merah di ruangan ini untuk menyebabkan kunci kecil jatuh dari langit-langit melalui salah satu lubang. Kemudian berjalan ke kanan melalui layar dan menuruni tangga. Lompat ke layar di sebelah kiri lalu lompat ke dalam air untuk mendapatkan kunci kecil. Kembali ke kanan layar dan naiki tangga untuk muncul kembali.



Kami sekarang siap untuk melawan bos penjara bawah tanah, tetapi masih ada satu peti harta karun yang kami lewati sebelumnya di penjara bawah tanah. Dorong blok paling kiri ke bawah lalu turunkan layar. Gunakan Pegasus Boots dan bulu roc sekali lagi untuk melewati celah dan turun ke layar. Berenanglah ke peti harta karun dan buka untuk mendapatkan 50 rupee! Dengan semua peti harta karun sudah hilang, mari kita kembali ke atas dua layar, ke kiri satu layar, ke bawah dua layar, dan ke kiri dua layar.
Anda akan melihat tombol di bagian utara layar, jadi berenanglah terus. Injak saklar lantai dan pintu di atasnya akan terbuka. Dapatkan hati pemulihan yang mengambang di ruangan dan kemudian buka kunci blok dengan kunci kecil terakhir Anda. Turuni tangga untuk mencapai area bawah air.
Kalahkan musuh ikan ciak-ciak yang berenang-renang. Ke kiri layar lalu naiki tangga untuk muncul kembali. Berjalan ke kiri layar dan hilangkan zol merah. Gunakan kunci mimpi buruk dan pergilah melalui pintu yang terkunci. Setelah Anda siap, turuni tangga dan turuni layar untuk menghadapi bos penjara bawah tanah, Angler Fish .




Angler Fish adalah bos termudah yang ditemukan dalam game. Yang dilakukan ikan raksasa hanyalah bergerak ke atas dan ke bawah di sisi kanan layar. Beberapa ikan yang lebih kecil akan muncul dari sisi kiri dan kanan ruangan dan akan mencoba berenang ke arah Anda. Setelah beberapa lama, Angler Fish akan dengan cepat berlari ke arah Anda, menabrak dinding di sisi kiri ruangan, menyebabkan balok-balok berjatuhan dari langit-langit. Pukulan cepat dan bloknya bisa sangat merusak, tetapi tidak ada alasan untuk memulai pertarungan sejauh itu.

Begitu masuk ke dalam air tempat Ikan Angler berada, langsung saja mulai menyerang antena kecil yang mencuat di kepalanya. Tebas saja dia dengan cepat dan kemungkinan besar Anda akan bisa mengalahkannya bahkan sebelum dia sempat menyerang. Hanya dibutuhkan 10 tebasan pedang dengan pedang standar level 1. Artinya akan lebih sedikit lagi jika Anda memiliki pedang atau kekuatan level 2 yang ditingkatkan.
Setelah Ikan Pemancing dikalahkan, ambil Wadah Jantung penuh yang tersisa sebagai hadiah, sehingga total kesehatan Anda meningkat menjadi delapan wadah jantung. Berenanglah ke atas layar dan panjat tangga untuk muncul kembali. Berjalanlah dan kumpulkan Instrumen Sirene keempat, Surf Harp .
“'BAY' Jalanmu menuju ke teluk'” |
Komentar
Posting Komentar